Tanaman Hias Dalam Ruangan Paling Hits!
tanaman di dalam ruangan

Tanaman Hias Dalam Ruangan Paling Hits!

Banyak sekali tanaman hias dalam ruangan yang sangat populer akhir-akhir ini. Bercocok tanam tidak perlu di lahan yang besar dan outdoor, karena sekarang banyak sekali jenis tanaman yang dapat ditanam di dalam ruangan. Selama pandemi, mencoba bercocok tanam di dalam ruangan bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir kebosanan. Bagi yang tinggal di kawasan perkotaan dengan keterbatasan lahan, memulai bercocok tanam indoor dengan beragam jenis tanaman dalam ruangan bisa menjadi solusi yang tepat. Selain tanaman hias indoor, banyak sekali jenis tanaman lainnya, seperti sayuran, yang dapat kamu tanam di dalam rumah.

Kunci sukses untuk bercocok tanam di dalam ruangan adalah dengan meletakkan tanamanmu pada sebuah tempat yang memungkinkan mendapat sinar matahari yang cukup. Jika sulit mendapatkannya di ruanganmu, jangan khawatir, tanaman indoor tanpa matahari juga bisa berkembang dengan sinar dari lampu, lho!

Selain itu, kamu harus pastikan suhu dalam ruangan sudah sesuai agar tanaman subur. Pada umumnya, kebanyakan tanaman membutuhkan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika diletakkan dekat dengan ventilasi panas dan perapian, tanaman bisa kering. Yang terakhir, jangan lupa bahwa tanaman dalam ruangan tetap memerlukan jumlah air yang tepat dan pupuk sesuai, ya!

Dilansir dari kompas.com, kami ingin memberikan beberapa ide jenis tanaman sayur dan aneka tanaman hias yang dapat kamu tanam di dalam ruangan. Siapa tau ide baru ini bisa mengusir kebosanan selama work from home! Yuk, simak apa saja jenis tanaman yang bagus di dalam ruangan!

Table of Contents

1. Ide Tanaman Sayur di Dalam Ruangan

1. a. Daun Bawang

1. b. Microgreens

1. c. Seledri

1. d. Selada

1. e. Cabai

1. f. Tomat

1. g. Wortel

2. Ide Tanaman Hias di Dalam Rumah

1. a. Tanaman Lidah Mertua

1. b. Spider Plant

1. c. Tanaman Pachira (Money Plant)

1. d. Bunga Peace Lily

1. e. Tanaman Philodendron

1. f. Lidah Buaya

Ide Tanaman Sayur di Dalam Ruangan

Mengkonsumsi sayur bisa membawa manfaat bagi kesehatan. Banyak sekali yang menanam sayur di lahan rumah selama masa work from home. Namun, jangan khawatir jika kamu memiliki lahan terbatas, karena kamu bisa bertanam sayuran di dalam rumah. Penasaran tanaman sayuran apa saja yang dapat tumbuh dengan optimal di dalam rumah? Simak lebih lanjut!

1. Daun Bawang

Tanaman Hias Dalam Ruangan - Daun Bawang
Source: jpnn.com

Daun bawang adalah sayuran yang serbaguna dan dapat ditanam di dalam ruangan dengan baik. Tidak hanya menjadi topping, daun bawang bisa menjadi salah satu bahan utama masakan juga, lho.

Menanam daun bawang sangat mudah dan hanya memerlukan sedikit perawatan untuk cepat tumbuh. Untuk memulai, kamu dapat memotong daun bawang yang telah kamu gunakan untuk memasak sebelumnya dan meletakkan potongan tersebut dalam wadah berisi air. Selain itu, kamu juga dapat menanam daun bawang dari biji. Mudah kan, sobat?

2. Microgreens

Tanaman Hias Dalam Ruangan - Microgreens
Source: etalasebintaro.com

Selain daun bawang, microgreens merupakan jenis sayuran yang dapat di tanam di dalam ruangan. Microgreens adalah jenis sayuran muda yang kaya antioksidan, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada umumnya, microgreens berupa sayuran seperti lobak, sawi, brokoli, selada dan masih banyak lagi.

Untuk menanam tanaman di dalam rumah, khususnya Microgreens, kamu harus meletakkan tanaman ini di tempat yang cerah. Wadah yang dapat kamu gunakan harus dangkal agar dapat meletakkan tanaman dengan baik.

3. Seledri

Tanaman Hias Dalam Ruangan - Seledri
Source: liputan6.com

Seledri adalah sayuran yang dikenal sebagai salah satu tanaman yang cocok di tanam di dalam rumah. Untuk menanam sayuran ini, kamu bisa memotong tunggul seledri dengan ketinggian batang sekitar dua inci, lalu letakkan di dalam wadah atau pot berisi air dengan sedikit tanah.

Selain menaman sisa batang seledri yang masih memiliki akar, kamu dapat menama selderi dari biji juga, lho!

4. Selada

Tanaman Hias Dalam Ruangan - Selada
Source: jpnn.com

Selada merupakan salah satu tanaman yang bisa di tanam di dalam ruangan. Sama halnya dengan seledri, selain dari biji kamu juga bisa menanam tunggul selada yang telah di potong.

Nanti, pertumbuhan batang baru akan muncul dari bagian tengah tanaman. Menarik sekali, kan?

5. Cabai

Cabai
Source: regional.kompas.com

Tanaman cabai juga dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Cabai sangat digemari banyak orang karena rasa pedasnya yang bikin ketagihan. Jika kamu berhasil menanam cabai dirumah, maka kamu tidak perlu khawatir lagi ketika harga cabai meroket tinggi.

Penting untuk diketahui bahwa pot cabai sebaiknya diletakkan di jendela supaya mendapatkan cahaya dari sinar matahari yang cukup agar tanaman cabai dapat tumbuh secara optimal.

6. Tomat

Tomat
Source: alodokter.com

Tomat adalah salah satu jenis sayuran dengan banyak manfaat yang dapat kamu tanam di dalam ruangan. Daripada harus membeli alangkah baiknya jika kamu hanya tinggal memetik tomat dari rumahmu.

Seperti dengan cabai, tanaman sayuran ini dapat tumbuh dengan baik jika diletakkan di lokasi yang terpapar banyak sinar matahari. Selain itu, tanaman tomat perlu di letakkan di dalam pot yang cukup besar dengan penyangga agar tanaman dapat berdiri tegak.

7. Wortel

Tanaman Dalam Ruangan - Wortel
Source: lifestyle.kompas.co

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang dapat kamu tanam di dalam ruangan. Berbeda dengan tomat dan cabai, wortel menyukai ruangan yang sejuk. 

Wortel merupakah sayuran akar. Karena itu, kamu perlu menggunakan wadah yang cukup dalam untuk memberi ruang pada akar agar sayuran dapat tumbuh.

Ide Tanaman Hias di Dalam Rumah

Selain sayuran, tanaman hias bisa menjadi salah satu tipe tanaman yang cocok sebagai tanaman di dalam ruangan. Untuk kamu yang ingin mempunyai kamar yang lebih sejuk dan asri, kamu dapat menaman tanaman dalam ruangan untuk menghijaukan kamarmu. Selain mempercantik ruangan kamu, tanaman hias indoor juga memiliki banyak manfaat, termasuk membersihkan udara.

Dilansir dari dekoruma.com, ada beberapa rekomendasi tanaman hias indoor yang dapat kamu pilih dan memang bisa disimpan dalam ruangan. Yuk, simak lebih lanjut!

1. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Hias Dalam Ruangan - Lidah Mertua
Source: 99.co

Salah satu jenis tanaman hias indoor yang populer adalah lidah mertua. Tanaman hias ini sangat cantik dan tidak membutuhkan banyak perawatan, maupun cahaya dan air.

Selain membuat tampilan ruangan menjadi lebih indah, Lidah Mertua bisa menyaring zat-zat oksida berbahaya, lho. Kamu dapat meletakkan tanaman hias ini dalam beberapa ruangan rumah agara udara di dalam rumah lebih segar dan bersih.

2. Spider Plant

Spider Plant
Source: hgtv.com

Selanjutnya, tanaman hias Spider Plant, dengan juntaian helai daun hijau yang cantik, merupakan salah satu jenis yang dapat di tanam di dalam ruangan. Tanaman hias ini cepat sekali tumbuh dan dapat mencapai 60 cm.

Salah satu manfaat Spider Plant adalah menyaring toksin di dalam rumah dan menyerap zat-zat kimia yang di hasilkan oleh kulit dan karet. Selain manfaatnya banyak, Spider Plant merupakan tanaman hias gantung yang memberi kesan alami di dalam ruangan.  

3. Tanaman Pachira (Money Plant)

Tanaman Hias Dalam Ruangan - Money Plant
Source: dekoruma.com

Jenis tanaman hias Money Plant atau Tanaman Pachira merupakans salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati oleh millennials.  Tanaman hias ini sering disebut Money Plant karena dapat memberikan nilai feng shui rumah baik, terutama menyangkut peruntungan finansial. 

Perawatan tanaman hias ini sangat mudah karena kamu hanya perlu menyiramnya setiap minggu. Untuk membuat ruangan semakin cantik, kamu dapat menggunakan variasi vas seperti botol kaca kecil.

4. Bunga Peace Lily

Tanaman hias Peace lily
Source: kupang.tribunnews.com

Salah satu bunga untuk dalam ruangan yang sangat indah adalah Peace Lily.

Tanaman hias ini tidak memerlukan sinar matahri secara langsung untuk berkembang mekar dengan daun hijau yang berukuran besar dan kelopak putih yang cantik.

Seperti beberapa tanaman hias di atas, Peace Lily dalam menyerap zat kimia beracun di dalam ruangan, lho!

5. Tanaman Philodendron

Philodendron
Source: thespruce.com

Tanaman Philodendron merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dapat berkembang di dalam ruangan. Tanaman hias ini sangat elegan dengan detail daun yang unik karena berbentuk hati. Seperti beberapa jenis tanaman hias  lainnya, tanaman ini tidak memerlukan cahaya yang panas untuk bertumbuh.

Tanaman Philodendron ini kurang sesuai untuk anak kecil dan hewan peliharaan karena adanya kandungan Kristal kalsium oksalat yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

6. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Source: dekoruma.com

Terakhir, tanaman hias sejuta umat yang dapat berkembang di dalam ruangan adalah lidah buaya. Tanaman hias ini sudah lama tenar menjadi tanaman yang kaya akan mineral dan vitamin.

Banyak sekali manfaat dari lidah buaya, termasuk untuk menghancurkan senyawa benzena, yang biasanya terkandung di dalam cat dinding rumah, yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Wow! Banyak sekali jenis jenis tanaman hias indoor dan juga tanaman sayuran indoor yang dapat kamu tanam di dalam rumah. Apakah kamu sudah memutuskan jenis tanaman apa yang ingin kamu taruh di dalam rumah? Jika kamu tertarik untuk mencari tanaman hias lainnya, kamu dapat melihat produk produk terbaru dari Sobat Berkebun.

Jangan khawatir jika kamu memiliki pekarangan rumah yang sempit, kamu dapat membaca artikel ini untuk tips berkebun di lahan yang tidak luas.

Selamat berkebun, Sobat!

Baca juga: Harga Tanaman Janda Bolong, Berburu Janda Termahal!

Source featured image: review.bukalapak.com

Leave a Reply