Stek Kayu Putih Mbah Rustam, Gemparkan Perhutani
Credits to KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO

Stek Kayu Putih Mbah Rustam, Gemparkan Perhutani

Mbah Rustam merupakan seorang pria asal Grobogan Jawa Tengah yang memiliki dedikasi tinggi dalam melakukan pelestarian terhadap jutaan pohon gelam atau yang lebih dikenal dengan kayu putih (Melaleuca Leucadendra). Kita simak lebih lanjut cerita tentang mbah Rustam yuk!

Latar Belakang Mbah Rustam

DDilansir melalui Kompas.com, Sedari kecil, Mbah Rustam sudah terbiasa bertatap muka dengan aktivitas para petugas Perhutani yang sibuk menanam dan merawat pohon kayu putih. Dari situlah juga kemudian timbul hasrat Mbah Rustam untuk ikut berpartisipasi melestarikan kawasan hutan kayu putih. Memasuki usia remaja, Mbah Rustam sering terlibat langsung di lapangan dalam upaya pelestarian hutan kayu putih. Pengabdiannya tanpa pamrih itu sampai juga ke telinga Perhutani KPH Gundih, Grobogan. Sampai akhirnya pada tahun 2005, Mbah Rustam digandeng oleh Perhutani KPH Gundih menjadi bagian dari mitra Perhutani. Ia dipercaya dalam persemaian, penanaman dan perawatan pohon kayu putih.

Stek Kayu Putih

Dari ilmu pengetahuan yang ia peroleh secara alami, Mbah Rustam justru lebih memilih pembuatan bibit kayu putih secara vegetatif yakni “stek pucuk”.¬†Pembiakan secara vegetatif pada tanaman kayu putih itu dianggapnya dapat mempertahankan sifat induknya.

Setelah ditunggu-tunggu, ternyata teknik penanaman kayu putih yang diupayakan oleh Mbah Rustam secara otodidak itu ujung-ujungnya mengejutkan pihak Perhutani KPH Gundih. Dari tangan Mbah Rustam, 1000 pohon kayu putih hasil uji coba bisa tumbuh sempurna nyaris tanpa cacat. Bahkan, rayap yang menjadi hama pohon kayu putih pun tak ada satu pun yang mendekat. 


Administratur KPH Gundih, Agus Priyantono, menyampaikan, Mbah Rustam adalah sosok yang berjasa besar bagi perkembangan kawasan hutan kayu putih di wilayah Grobogan. Meski tak pernah merasakan bangku sekolah, Mbah Rustam memiliki kelebihan yang tak biasa dalam menanam, merawat dan melestarikan tanaman kayu putih.

Dijelaskan Agus, KPH Gundih merupakan salah satu penghasil minyak kayu putih terbaik dan terbesar saat ini di Jawa Tengah dengan produksi rata-rata 25 ton minyak kayu putih murni per tahun. Sementara untuk luas kawasan hutan kayu putih yang efektif mencapai 1.548 hektar yang dipusatkan di Kecamatan Toroh, Grobogan

Mengintip keseruan Mbah Rustam dalam memaksimalkan stek kayu putih dirumahnya, Sobat berkebun juga dapat mencontoh kegiatan seru yang dapat dilakukan dari rumah loh. Yuk cek artikel nya disini!

Leave a Reply