Manfaat Tanaman Porang yang Jarang Diketahui!
Manfaat Tanaman Porang

Manfaat Tanaman Porang yang Jarang Diketahui!

Tanaman porang adalah tanaman umbi-umbian yang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri. Dulunya sering diabaikan karena hanya menjadi tanaman liar di pekarangan rumah. Nah, apakah sobat tahu tentang manfaat tanaman porang? Porang biasanya dimanfaatkan dengan diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri untuk kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan. Yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui manfaat lainnya.

Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan

Dilansir dari Liputan6.com, inilah manfaat tanaman porang yang jarang diketahui!

1. Menurunkan berat badan

Apakah sobat pernah mendengar shirataki? Fakta unik nya adalah shirataki terbuat dari tanaman porang yang memiliki senyawa glukomanan yang ternyata efektif untuk menurunkan berat badan. Dalam sebuah studi, 30 pasien obesitas menjalani diet rendah kalori 1.200 kkal selama kurang lebih 60 hari ditambah dengan mengonsumsi senyawa glukomanan. Kemudian, hasil studi tersebut membuktikan bahwa selang empat bulan, tingkat trigliserida dan bobot berlebih dapat turun secara signifikan. Meski berat badan turun secara drastis, namun bagian menariknya yakni kandungan kalsium, zat besi, dan nutrisi lainnya tetap terjaga dan tidak berubah dalam tubuh.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolestrol sering menjadi masalah kesehatan apalagi jika sudah berusia 35 tahun keatas. Selain penemuannya yang efektif untuk menurunkan berat badan pada pasien obesitas, senyawa glukomanan ini ternyata juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Studi ini melibatkan 22 penderita diabetes tipe 2 yang diberi suplemen konyaku glukomanan. Dalam studi tersebut, ternyata suplemen konyaku glukomanan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

3. Mencegah kanker

Menurut sebuah studi, bahan makanan dari tanaman korang ternyata memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker paru-paru. Selain itu, tanaman porang ini tak hanya bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker, tapi juga mencegah kanker. Selain itu, studi juga membuktikan manfaat konyaku glukomanan bisa menurunkan tingkat keganasan tumor dan kanker. Meski demikian, studi tersebut masih terbatas dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Mengatasi sembelit

Manfaat terakhir bagi kesehatan adalah dapat membantu sobat saat sembelit. Kandungan Glukomanan yang terdapat dalam porang dapat membantu mengatasi masalah sembelit kronis. Hasil penelitian menunjukkan, penderita sembelit yang diberi glukomanan selama 10 hari, frekuensi buang air besarnya bisa kembali normal.

Baca Juga: Jangan dibuang! Inilah Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman

Leave a Reply