Manfaat Pohon Mangga bagi Orang Jakarta!
Credit to Thehijau.com

Manfaat Pohon Mangga bagi Orang Jakarta!

Sobat berkebun tahu gaksih kalo ternyata Pohon Mangga memiliki banyak manfaat terutama untuk yang memiliki rumah di daerah Jakarta dan terkenal dengan panasnya yang terik. Yuk simak lebih lanjut tentang manfaat memiliki pohon mangga di Jakarta!

Pohon Mangga

Dilansir melalui Ikutrame.com, Manfaat pohon mangga sangat luar biasa untuk kehidupan, dan dapat tumbuh di daerah beriklim tropis serta berbuah sepanjang musim. Paparan suhu di bawah 0 derajat Celcius yang berkepanjangan dapat membunuh atau merusak pohon mangga dengan parah.

Untungnya, pohon mangga dibudidayakan di seluruh wilayah tropis di dunia.

Pohon mangga lebih dari sekedar buahnya saja. Pohon mangga bisa tumbuh cukup besar, mencapai ketinggian 30 meter atau lebih dengan lebar mencapai 10 meter atau lebih.

Perkembangbiakan dan Budidaya

Perkembangbiakan pohon mangga adalah dengan penyerbukan bunganya, yang dilakukan oleh serangga. Dan kurang dari 1 persen bunganya akan matang untuk membentuk buah. Pohon buah mangga yang berbunga penuh adalah pemandangan yang indah.

Mangga tertentu di setiap pohon akan menerima lebih banyak sinar matahari daripada yang lain, dengan beberapa buah tetap teduh di dalam kanopi pohon. Pada varietas tertentu, mangga yang menerima sinar matahari paling banyak akan menghasilkan warna merah merona di ujung batang. Perona pipi merah ini bukanlah indikator kematangan, kualitas atau keenakannya.

Diperlukan waktu sekitar empat bulan agar mangga matang di pohon sebelum siap dipanen. Selama waktu itu, cabang pohon mangga yang sarat buah mungkin akan membungkuk karena beban mangga yang sedang berkembang.

Pertumbuhan pohon menyebabkan proses yang disebut penyerapan karbon atau pengambilan karbon. Pohon itu menyerap karbondioksida dari lingkungan, menggunakannya untuk membentuk batang, cabang, daun, dan buah pohon mangga. Pohon menghasilkan oksigen dan melepaskannya ke lingkungan selama proses ini.

Manfaat pohon mangga selain menghasilkan buah mangga yang enak, sekaligus menyerap karbondioksida. Dan menghasilkan oksigen dan menunjang mata pencaharian ribuan pekerja. Benar-benar pohon mangga yang luar biasa.

Leave a Reply