Cara Merawat Aglonema Agar Tumbuh Subur!
Cara Merawat Aglaonema: Widuri

Cara Merawat Aglonema Agar Tumbuh Subur!

Banyak sekali yang mencari infromasi seputar cara merawat Aglonema akhir-akhir ini. Aglonema adalah salah satu spesies tanaman hias yang mudah hidup di daerah tropis. Tanaman hias yang dikenal dengan sebutan “Sri Rejeki” atau Chinese Evergree ini menjadi salah satu rekomendasi dari jenis-jenis aglonema yang paling banyak di acari. Tanaman hias ini mampu menarik perhatian pencinta tanaman hias lantaran kecantikan betnuk dan warnanya yang eksotis dan memanjakan mata. Tidak heran kalau aglonema menjadi primadona pencinta tanaman hias dan mendapatkan julukan “ratu tanaman hias daun.”

Penasaran apa saja jenis-jenis aglonema dan tips cara merawat aglonema yang baik agar tumbuh subur? Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut!

Table of Contents

1. Jenis-Jenis Tanaman Aglonema

1. a. Aglonema Modestum

1. b. Aglonema Nitidum

1. c. Aglonema Widuriatau Red Peacock

1. d. Aglonema Cutlass

1. e. Aglonema Harlequin

2. Cara Merawat  Aglonema

2. a. Pilih Media Tanam yang Bagus

2. b. Jangan Letakkan Aglonema di Bawah Sinar Matahari

2. c. Jangan Terlalu Sering di Siram

2. d. Jangan Lupa untuk Memberikan Pupuk

2. e. Basmi Hama Secara Rutin

2. f. Potong Bunga Secara Rutin

2. g. Bersihkan Rumput Liar yang ada di Sekitar Media Tanam

Jenis-Jenis Tanaman Aglonema

Aglonema atau yang akrab dijuluki Sri Rejeki atau di luar Indonesia dikenal sebagai Chinese Evergreen adalah salah satu jenis tanaman yang tepat untuk para pemula atau untuk para pencinta tanaman yang sibuk beraktifitas diluar rumah. Tanaman hias ini mampu tumbuh kokoh dan sangat toleran di hampir setiap kondisi ruangan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cahaya sebagian dan juga di tempat yang cukup terang, bahkan ia dapat tumbuh dengan baik juga jika diletkkan di ruangan kantor dengan cahaya dari lampu neon. Jadi, cara merawat aglonema tidak terlalu rumit namun perlu di perhatikan juga supaya ia dapat tumbuh dengan baik.

Sebelum membahas cara merawat algonema, yuk kita ulas dulu beberapa jenis tanaman aglonema yang populer di Indonesia:

Aglonema Modestum

Cara Merawat Aglaonema: Modestum
Source: journal.sociolla.com

Dilansir dari cnnindonesia.com, salah satu jenis tanaman aglonema yang cukup populer akhir-akhir ini adalah aglonema modestum. Jenis aglonema yang satu ini memiliki ciri khas yang cukup unik. Daun pada tanaman hias ini berwarna hijau dan memiliki lurik putih yang naik dan memanjang ke arah atas. Warna daun yang pucat membuatnya semakin estetik jika dipajang dalam sebuah pot yang diletakkan di ujung ruangan rumah. Kamu bisa menggunakan jenis jenis pot tera yang kekinian yang dapat kamu cek disini.

Tanaman hias ini dapat tumbuh hingga 60 cm. Selain itu, cara merawat aglonema ini tidak repot karena ia tidak membutuhkan terlalu banyak asupan air. Jadi ia tidak perlu sering-sering disiram, sobat!

Cek ready stock pot terra disini!

Aglonema Nitidium

Aglaonema Nitidum
Source: haibunda.com

Salah satu jenis aglonema yang paling banyak dicari adalah jenis aglonema nitidium. Daun pada tanaman hias ini sangat cerah. Hal tersebut membuatnya sangat cocok untuk digunakan sebagai penghias ruangan di kantor maupun rumah yang tidak memiliki terlalu banyak jendela dan minim cahaya matahari.

Tanaman ini memang cocok sekali untuk kalian yang ingin memiliki tanaman hias indoor. Ya, warna hijaunya indah sekali dan sangat “hidup” dalam ruangan. Namun, bagaimana jika tanaman ini tidak mendapatkan cukup cahaya? Tenang saja, warna yang hijau matang akan tetap menghijau meski tanaman ini tidak mendapatkan asupan matahari yang cukup, lho!

Aglonema Widuri atau Red Peacock

Cara Merawat Aglaonema: Widuri
Source: batik-indonesia.com

Tanaman hias aglonema yang dikenal sebagai Red Peacock atau Aglonema Widuri sangat popouler di Indonesia. Harga jual tanaman hias ini sangat tinggi sekali. Menurut sumber yang kami dapatkan cnnindonesia.com, tanaman hias ini pernah mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, lho! Wah, mahal sekali ya?

Tanaman ini memiliki warna daun yang hijau dan juga cerah kemerahan di tengah daunnya. Nah, tanaman hias ini akan laku semakin mahal ketika warna merahnya semakin cerah dan mendominasi daun pada tanaman hias ini.

Kira-kira jika harga tanaman ini mencapai ratusan juta rupiah, apakah kamu akan membelinya?

Aglonema Cutlass

Aglaonema Cutlass
Source: kartiani.id

Aglonema Cutlass adalah jenis tanaman aglonema yang mirip seperti belati. Selain itu, warna pada permukaan tanaman hias ini sangat unik sekali karena memiliki permukaan hijau-putih lembut dengan guratan tengah hijau gelap di tepian daunnya, seakan mampu menghasilkan tampilan yang hidup, meskipun ditanam di dalam atau di luar ruangan.

Aglaonema Harlequin

Cara Merawat Aglaonema: Harlequin
Source: cnnindonesia.com

Tanaman hias aglonema jenis aglonema harlequin menjadi salah satu tanaman hias yagn cukup unik. Tanaman ini merepresentasikan warnanya berdasarkan asupan cahaya matahari.

Jika tanaman ini diletakkan di area outdoor dan mendapatkan asupan matahari yang berlebih, maka warnanya akan cendrung kuning kepucatan dengan warna merah muda menyala di bagian tengah daun.

Namun, jika ia menerima cahaya matahari yang minim, daunnya akan cendrung berwarna hijau dengan bercak merah muda di bagian tengah bahwkan hamper kesulurhan daunnya.

Belanja Tanaman Aglonema dan Tanaman Lainnya!

Cara Merawat Tanaman - Aglonema Red Lipstick
Cara merawat tanaman - Kuping Gajah

Cara Merawat Aglonema

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa kecantikan tanaman aglonema terletak pada daunnya yang lebar dan corak yang berwarna-warni. Banyak sekali jenis-jenis tanaman aglonema yang dapat kamu temukan dipasaran. Secara umum, cara merawat daun aglonema tidak terlalu rumit. Namun perlu di perhatikan agar kamu dapat memiliki tanaman aglaonema yang subur serta memiliki daun yang lebar.

Dilansir dari ringtimesbali.pikiran-rakyat.com, berikut adalah cara merawat aglonema agar tumbuh subur dan memiliki daun yang lebar.

Pilih media tanam yang bagus

Untuk menanam Aglonema, kamu membutuhkan media tanam yang tepat. Media tanam yang bagus untuk tanaman hias ini yakni perpaduan antara tanah, pupuk kandang, dan sekam, dengan perbandingan satu per satu.

Pemilihan media tanam yang tepat akan membuat sirkulasi udara dan air yang bagus untuk tanaman hias ini.

Jangan letakkan Aglonema di bawah sinar matahari

Perlu diketahui bahwa Aglonema memiliki karakteristik yang cukup sensitif terhadap paparan cahaya. Sehingga jika kamu meletakkan tanaman hias ini dibawah paparan sinar matahari secara langsung, kamu dapat membuat daunnya rusak.

Banyak sekali pemilik aglonema yang sering melakukan kesalahan umum ini yakni, meletakkan tanaman hias ini secara sembarangan di bawah paparan sinar matahari secara langsung.

Jangan terlalu sering di siram

Tanaman aglonema memang menyukai kondisi yang lembab, namun penyiraman tidak perlu dilakukan terlalu sering. Penyiraman cukup satu sekali dalam sehari.

Jangan lupa untuk dilihat lagi, apabila media tanam masih basah akibat penyiraman sebelumnya, sebaikanya kamu tidak menyiram tanaman tersebut. Biarkan agar media tanam mengering terlebih dahulu sebelum kamu menyiramnya kemabli.

Apabila kamu menyiram tanaman ini berkali-kali tanpa melihat kondisi tanaman, akan mengakibatkan kerusakan pada daun dan terjadi kebusukan pada akar.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk

Tanaman aglonema perlu dilakukan pemupupkan tiap dua minggu sekali. Pemupukan ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat daun yang baru tumbuh semakin lebar, serta membuat proses pigmentasi pada daun semakin bagus.

Jika kamu melakukan pemupukan secara rutin, kamu dapat membuat proses pertumbuhan semakin cepat dan tanaman akan lebih subur, serta menghasilkan daun yang rimbun.

Basmi hama secara rutin

Pada umumnya, daun dan batang pada tanaman hias dapat menguning dan merusak tanaman tersebut karena adanya bakteri dan jamur. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut, seperti penyemprotan dengan menggunakan cairan fungsida setiap satu bulan sekali.

Potong bunga secara rutin

Tanaman aglonema terkenal karena keindahan daunnya, dan bukan karena bunganya. Sehingga akan lebih baik jika bunga yang tumbuh pada tanaman ini dipotong saja agar tidak merusak daun yang ada.

Mengapa kamu harus memotong bunga pada tanaman aglonema? Memotong bunga pada aglaonema dilakukan secara rutin dikarenakan bunga tersebut dapat menyerap nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh daun. Hal tersebut dapat menghambat daun untuk bertumbuh dengan baik.

Bersihkan rumput liar yang ada di sekitar media tanam

Rumbut liar dapat tumbuh di sekitar media tanam pada tanaman aglonema. Nah, jangan lupa untuk rutin dibersihkan karena selain kurang enak dipandang, kehadiran rumput liar di sekitar media tanam dapat merusak perkembangan tanaman tersebut. Tanaman aglonema dapat kehilangan nutrisi yang dibutuhkan jika tidak dibersihkan.

Nah, berikut adalah tips cara merawat aglonema yang perlu kamu ketahui. Ternyata tidak terlalu sulit kan, sobat? Yuk, jangan lupa di cek kondisi tanamanmu hari ini dan merawatnya.

Leave a Reply